Pertemuan Penguatan IMP Playen di Taman Madu Bronto, Pak Mugimin Berpamitan

Koresponden: Drs Edy Pranoto (PKB Playen, Gk)

PLAYEN | Pertemuan "Penguatan Institusi Masyarakat Perdesaan Kapanewon Playen" berlangsung pada hari Kamis (30/12) mulai pukul 11.00-13.30 WIB di Taman Madu Bronto, Kalurahan Banyusoco, Kapanewon Playen.

Acara dihadiri oleh seluruh PKB Kapanewon Playen, pengurus IMP Kapanewon Playen, serta semua PPKBD dari 13 kalurahan yang ada. Acara ini digelar outdoor dalam rangka penyegaran kegiatan di mana selama ini pertemuan selalu dilaksanakan di ruang pertemuan BPKB Kapanewon Playen.

Acara dibuka dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan disusul dengan lagu Mars KB  dipimpin oleh salah satu PPKBD.

Dalam kata sambutan dan penyampaian materi, koordinator PKB Kapanewon Playen, Drs Edy Pranoto,  menyampaikan pesan terimakasih atas kerjasama dan bantuan dari seluruh kader sehingga program Bangga Kencana mulai dari pelaksanaan Pendataan Keluarga 2021, Vaksinasi Keluarga, hal mana semua berjalan dengan lancar dan hasil yang memuaskan.

Menyinggung soal capaian kesertaan KB aktif dan baru, beliau sampaikan bahwa capaian hasil pendataan keluarga di tahun 2021 untuk tingkat kapanewon sebesar 49,18 % dari total PUS sejumlah 8628. Sedangkan capaian kesertaan KB baru sampai bulan November sebesar 34,21 % dari total target 1102 peserta. Oleh karena itu diminta pada kader serta PKB semua untuk lebih fokus melakukan KIE dan konseling bagi sasaran PUS muda dan tua risiko tinggi.

Pada kesempatan ini, Pak Edy, sapaan akrabnya, selaku koordinator PKB juga menyampaikan pembagian wilayah kerja  tingkat dusun bagi masing-masing TPK (tim pendamping keluarga). Pembagian wilayah kerja ini diperlukan dalam rangka segera mensikapi pendataan calon temanten baru di tahun 2022 melalui aplikasi elsimil. beliau berharap agar anggota TPK segera melaksanakan ketugasannya, yaitu bisa segera mengisi data calon temanten atau PUS baru di link yang telah disediakan.

Pada kesempatan ini juga disinggung terkait persiapan pembentukan tim percepatan penurunan stunting (TPPS) di tingkat kalurahan. Pak Edy berharap agar PPKBD yang tidak duduk sebagai anggota TPK bisa menjadi anggota TPPS.

Mensikapi percepatan perubahan cara kerja yang saat ini hampir semua kegiatan kerja berbasis aplikasi digital, maka selaku koordinator PKB menyambut baik adanya pergantian personil PPKBD dari generasi sepuh diganti oleh generasi muda. Pada kesempatan ini ada tiga pergantian personil PPKBD, yaitu PPKBD Banyusoco dari Juwarni diganti Sulasmi; PPKBD Ngleri dari Sutami diganti oleh Lastri Sulistyowati dan PPKBD Logandeng dari Simi Astuti diganti Sumarsiyah.

Pada kesempatan ini, Ismini selaku Ketua Forum IMP Kapanewon Playen menyampaikan rasa terimakasih atas pengabdiannya dari ketiga mantan PPKB yang telah dengan iklas dan tanpa mengenal lelah selama bertahun-tahun mengabdi di masyarakat melalui perjuangan di kegiatan Bangga Kencana. Beliau juga berharap agar PPKBD yang baru segera dapat menyesuaikan diri mengingat kegiatan di Balai KB untuk tahun 2022 semakin banyak serta menantang terutama untuk kegiatan percepatan penurunan stunting.

Pada kesempatan yang baik ini digunakan pula oleh Mugimin, salah satu PKB Playen, untuk pamitan kepada semua kader dan PKB mengingat beliau mulai 1 Januari 2022 secara resmi telah memasuki masa purna tugas selaku PKB di BKKBN.

Mugimin menyampaikan pesan rasa terimakasihnya kepada semua kader dan teman PKB yang telah bermitra secara harmonis dalam ketugasan sehari-hari. Beliau berharap agar masa pensiun ini tidak menjadikan tanda perpisahan persaudaraan, namun sebagai perpisahan ketugasan saja yang nanti semua pegawai juga akan mengalami. Beliau berharap agar persaudaraan tetap terus dijaga melalui berbagai kesempatan di kegiatan sosial kemasyarakatan.

Pada sesi terakhir dipukul 13.00 dilakukan penyerahan cindera mata bingkisan dari forum IMP Playen dan PKB Kapanewon Playen kepada Mugimin serta tiga PPKBD yang telah mengakhiri masa ketugasannya sebagai  PPKBD dan PKB.

Dengan penuh haru sekaligus kebahagiaan acara diakhiri dengan kembul bujana makan siang dengan menu sambel bawang lemek godong jati khas menu masakan Taman Madu Bronto.(*)

0 Viewers

Post a Comment

0 Comments

The Magazine