Panewu Tepus, Alsito: "GSI adalah Wujud Kepedulian kepada Kaum Ibu..."

Kontributor: Edy Subambang, SSos (penyuluh KB Tepus)


TEPUS
| Kamis (24/11) pukul 09.00 WIB sampai dengan  pukul 13.30 WIB  bertempat di Balai Kalurahan Sumberwungu telah diselenggarakan, "Orientasi Gerakan Sayang Ibu", yang diikuti oleh utusan masing-masing padukuhan se-Kalurahan Sumberwungu yang terdiri dari unsur kader kesehatan, kader KB dan kader PKK  serta pamong Kalurahan Sumberwungu.

Acara diawali dengan berdoa bersama yang di pimpin oleh Wasinan selaku Kamituwa di Kalurahan Sumberwungu, kemudian dilanjutkan sambutan oleh Ispramoyo, Lurah Kalurahan Sumberwungu.

Ispramoyo mengatakan bahwa acara, "Orientasi Gerakan Sayang Ibu", ini untuk meningkatkan peran baik lembaga pemerintah maupun swasta, tokoh masyarakat, kader, semua masyarakat serta  masing-masing keluarga untuk berperan aktif dan empati kepada kaum ibu atau pasangan usia subur (PUS), baik bagi bumil, ibu bersalin, ibu nifas, serta ibu menyusui.

Tujuannya, lanjut Ispramoyo, agar di Kalurahan Sumberwungu tidak ada kematian Ibu karena kehamilan dan persalinan serta kematian bayi.

Selanjutnya disampaikan materi oleh narasumber Fahmanida Puspa D,  AMd Keb, selaku bidan dari Puskesmas Tepus I. Mengawali paparannya, Fahma mengatakan bahwa gerakan sayang ibu atau GSI adalah gerakan untuk meningkatkan perhatian khususnya kepada  KIA (kesehatan ibu dan anak). Dengan harapan angka kematian ibu (AKI) dan angka kematian anak di Kalurahan Sumberwungu nihil.

Lebih lanjut Fahma mengatakan bahwa sasaran GSI adalah sbb:
1. Sasaran langsung:
    a. Calon pengantin
    b. PUS
    c. Ibu hamil, ibu bersalin dan ibu nifas
    d. Ibu menyusui, perawatan bayi baru lahir
    e. Suami dan seluruh anggota.
   
2. Sasaran tidak langsung :
    a. Sektor terkait
    b. Institusi kesehatan
    c. Institusi masyarakat
    d. Tokoh masyarakat, tokoh agama
    e. Kaum bapak-bapak
    f.  Media massa

Kemudian, disampaikan lebih lanjut oleh Fahma ihwal cakupan GSI ini, yakni:
1. Mengumpulkan data ibu hamil, ibu menyusui,ibu bersalin, ibu nifas dan Bayi baru lahir.
2. Mengadakan penyuluhan terhadap keluarga ibu hamil, ibu bersalin, ibu nifas dan ibu menyusui di masyarakat.
3. Memberi tanda kepada ibu hamil yang berisiku tinggi, kemudian untuk dipantau dan diinformasikan kepada bidan dan puskesmas.
4. Membantu untuk perujukan.
5. Setiap kelahiran di tolong oleh tenaga kesehatan terlatih (ber-Surat Tanda Registrasi/Surat Ijin Pratek )

Untuk ibu hamil, disarankan oleh Fahma agar:
1. Ibu hamil wajib melakukan vaksinasi minimal 2 kali mulai usia kehamilan 13 minggu sampai maksimal 40 minggu.
2. Sebelum di vaksinasi ibu hamil terlebih dahulu di screening oleh dokter dan vaksin Covid 19 dengan Sinovac 0,5cc
3. Satu minggu sebelum HPL (hari perkiraan lahir ) dilakukan swab antigen di fasilitas kesehatan.

***
Selanjutnya materi disampaikan oleh  Edy Subambang, SSos,  Koordinator Penyuluh KB dari Kapanewon Tepus.

Dikatakan oleh Edy, bahwa GSI adalah gerakan yang mengembangkan kualitas perempuan utamanya percepatan penurunan AKI dan angka kematian bayi (AKB) serta dapat mencegah terjadinya stunting. GSI juga dapat menggerakkan masyarakat untuk aktif dalam kegiatan Tabulin (tabungan untuk ibu bersalin), pemetaan PUS yang utamanya ibu hamil, ibu bersalin, ibu yang punya balita, dan pengadaan ambulans kalurahan, serta lebih tepatnya dikembangkan pemberdayaan suami SIAGA (suami siap antar jaga).

Melalui suami Siaga, para suami yang istrinya sedang hamil harus mempersiapkan segala kebutuhan dalam rangka pelaksanaan 1000 HPK, yang antara lain biaya asupan gizi yang seimbang baik bagi si ibu maupun janinnya yang dikandung, biaya pemeriksaan dan  persalinan, siap mengantar istri dalam pemeriksaan serta persalinan, siap menjaga dan menunggui istri saat melahirkan.

Edy dalam kesempatan itu juga mengkampanyekan kepada remaja untuk nikah pada usia yang edial, bagi wanita pada usia 21 tahun sedangkan pada pria usia 25 tahun.

Kepada suami dan istri juga disarankan agar merencanakan jumlah anak, dan memperhatikan kesehatan waktu mengandung, serta memberikan peluang bagi istri untuk meningkatkan potensinya dalam berbagai bidang kehidupan.

Mengakhiri materinya, Edy menekankan bahwa dengan GSI harapannya masyarakat semakin paham tentang "Hindari 4 Terlalu" dalam kehamilan yang antara lain:
1. Terlalu muda saat hamil
2. Terlalu tua saat hamil
3. Terlalu sering/banyak saat hamil
4. Terlalu dekat jarak kehamilan anak pertama dan kedua.

***
Terakhir, materi disampaikan oleh Alsito, SSos, Panewu Kapanewon Tepus. 
GSI, menurut Pak Al, sapaan akrabnya, adalah gerakan kepedulian terhadap kaum perempuan, yang mana kaum perempuan sebagai kondrat untuk mengandung janin merupakan keinginan setiap pasangan suami istri untuk mendapatkan amanah keturunan. 

"Oleh karena itu pemerintah bersama masyarakat mengadakan gerakan  untuk meningkatkan SDM dengan meningkatkan pengetahuan, kesadaran dan kepedulian integratif serta sinergitas," kata Alsito.

Dengan GSI ini, Alsito berharap akan terjalin keterpaduan program baik dari  Pemerintah Kalurahan, Kapanewon, Puskesmas, Penyuluh KB, KUA, BPP , Dinas Pendidikan, UPT Puskeswan, tokoh agama, serta tokoh masyarakat, untuk bersama-sama menggunakan pembinaan dan penyuluhan kepada masyarakat baik melalui pertemuan kelompok kegiatan seperti posyandu, posbindu, kelompok BKB, BKR, serta kelompok kegiatan lainnya yang di masyarakat.

"Saya ingin GSI membudaya di masyarakat, sehingga di Kapanewon Tepus tidak terjadi kematian ibu karena kehamilan dan tidak ada kematian anak karena persalinan serta ada anak-anak yang stunting," pungkas Alsito.

Tepat jam 13.30 WIB orientasi "Gerakan Sayang Ibu" ditutup dengan doa bersama diandu oleh pembawa acara.(*)
0 Viewers

Post a Comment

4 Comments

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. Halo semuanya

    saya Nurliana Novi dan saya di sini dengan kabar baik.
    BANK DUNIA dan PBB, akhirnya melepaskan pinjaman dan hibah kepada Perusahaan, perusahaan individu, bisnis dan usaha kecil di seluruh dunia untuk memungkinkan Ekonomi tumbuh kembali ke keadaan semula, dengan fokus besar di Asia dan Afrika.

    Saya senang untuk memberitahu Anda bahwa dari sepuluh perusahaan yang dipilih untuk memberikan pinjaman ini, ELINA JOHNSON GLOBAL LOAN FIRM kami sendiri telah dipilih sebagai salah satu perusahaan pinjaman yang dapat diandalkan untuk memberikan pinjaman ini.
    Jika bisnis Anda terpengaruh karena pandemi ( covid19) preferensi khusus akan diberikan kepada Anda.

    Jadi buruan sekarang, hubungi ibu Elina Johnson sekarang juga, dibawah ini emailnya....elinajohnson22@gmail.com.
    Anda dapat menghubungi saya di sini di email saya juga untuk pertanyaan dan klarifikasi lebih lanjut. (nurliananovi96@gmail.com)

    ReplyDelete
  3. Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

    Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

    Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

    Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

    Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

    ReplyDelete
  4. Saya Suryanto dari Indonesia di Kota Palu, saya mencurahkan waktu saya di sini karena janji yang saya berikan kepada LADY ESTHER PATRICK yang kebetulan adalah Tuhan yang mengirim pemberi pinjaman online dan saya berdoa kepada TUHAN untuk dapat melihat posisi saya hari ini.

    Beberapa bulan yang lalu saya melihat komentar yang diposting oleh seorang wanita bernama Nurul Yudianto dan bagaimana dia telah scammed meminta pinjaman online, menurut dia sebelum ALLAH mengarahkannya ke tangan Mrs. ESTHER PATRICK. (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Saya memutuskan untuk menghubungi NURUL YUDIANTO untuk memastikan apakah itu benar dan untuk membimbing saya tentang cara mendapatkan pinjaman dari LADY ESTHER PATRICK, dia mengatakan kepada saya untuk menghubungi Lady. Saya bersikeras bahwa dia harus memberi tahu saya proses dan kriteria yang dia katakan sangat mudah. dari Mrs. ESTHER, yang perlu saya lakukan adalah menghubunginya, mengisi formulir untuk mengirim pengembalian, mengirim saya scan kartu identitas saya, kemudian mendaftar dengan perusahaan setelah itu saya akan mendapatkan pinjaman saya. . Lalu saya bertanya kepadanya bagaimana Anda mendapatkan pinjaman Anda? Dia menjawab bahwa hanya itu yang dia lakukan, yang sangat mengejutkan.

    Saya menghubungi Mrs ESTHER PATRICK dan saya mengikuti instruksi dengan hati-hati untuk saya, saya memenuhi persyaratan mereka dan pinjaman saya disetujui dengan sukses tetapi sebelum pinjaman dipindahkan ke akun saya, saya diminta membuat janji untuk membagikan kabar baik tentang Mrs. ESTHER PATRICK dan itulah mengapa Anda melihat posting ini hari ini untuk kejutan terbesar saya, saya menerima peringatan Rp350.000.000. jadi saya menyarankan semua orang yang mencari sumber tepercaya untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. ESTHER PATRICK melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) untuk mendapatkan pinjaman yang dijamin, Anda juga dapat menghubungi saya di Email saya: (suryantosuryanto524@gmail.com)

    ReplyDelete
Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)

The Magazine