Bersiap Turunkan Stunting di 2022, BPKB Ponjong Selenggarakan Orientasi TPK

Kontributor: Suka Priyana, SSos (penyuluh KB Ponjong)


PONJONG
| Orientasi Tim Penggerak Keluarga (TPK) telah dilaksanakan di kantor BPKB Kapanewon Ponjong pada Senin sd Selasa (29-30/11) dengan peserta berjumlah 54 orang. Peserta terdiri unsur bidan, kader PKK dan kader IMP yang lokasi kerjanya sesuai dengan wilayah pendampinganya. Tim Pendamping Keluarga mempunyai tugas melaksanakan pendampingan kepada sasaran prioritas pendampingan keluarga yang meliputi penyuluhan, fasilitasi pelayanan rujukan dan fasilitasi penerimaan program bantuan sosial serta surveilans/pengamatan berkelanjutan untuk mendeteksi dini faktor risiko stunting.

Orientasi bagi Tim Pendamping Keluarga itu sendoro dibuka dengan sambutan oleh Panewu Ponjong, Aris Pambudi, SIP, MSi, yang di dalam sambutannya beliau mendukung dengan dibentuknya TPK dan diharapkan dapat menurunkan angka stunting khususnya di Kapanewon Ponjong. 

Setelah itu acara dilanjutkan dengan overview dari koordinator PKB, Suka Priyana, SSos. Beliau menyampaikan terkait overview mengenai apa itu TPK, tujuan dibentuk TPK, ketugasan TPK dan kegiatan apa saja yang dilakukan TPK yang nantinya akan mulai bekerja ataua terjun kelapangan pada tahun 2022. 

Selanjutnya adalah penyampaian materi oleh fasilitator TPK, Astutik Uswan Khasanah, SIKom. Dalam kesempatan itu beliau menyampaikan keseluruhan materi TPK yang meliputi pendampingan keluarga bagi calon pengantin, pendampingan keluarga pada ibu hamil dan pendampingan keluarga pada ibu baduta serta balita.

Selain disampaikan materi terkait ketugasan pendamping keluarga dalam orientasi TPK, dalam orientais tersebut juga disampaikan mengenai aplikasi Elsimil (aplikasi elektronik siap nikah dan hamil ) bagi calon pengantin dan Elsimil bagi pendamping. Dalam penyampaian aplikasi Elsimil ini, anggota TPK juga mempraktikan aplikasi tersebut. Ketika mempraktikan aplikasi Elsimil ini, mereka mengalami kendala seperti sinyal HP yang kurang mendukung, SDM TPK yang kurang menguasai dan waktu penyampaian yang terlalu singkat. Walaupun mengalami kedala, tetapi itu tidak mengurangi semangat TPK dalam mencoba aplikasi Elsimil dan terus belajar aplikasi tersebut.

Koordinator PKB Ponjong, Suka Priyana, mengatakan bahwa orientasi TPK ini diharapkan dapat memberikan gambaran kepada TPK mengenai ketugasan dan kegiatan apa saja yang akan dilakukan TPK ditahun 2022, sehingga ketika TPK sudah mulai bekerja dapat melaksanakan tugasnya dengan maksimal.(*)
0 Viewers

Post a Comment

1 Comments

  1. Halo semuanya

    saya Nurliana Novi dan saya di sini dengan kabar baik.
    BANK DUNIA dan PBB, akhirnya melepaskan pinjaman dan hibah kepada Perusahaan, perusahaan individu, bisnis dan usaha kecil di seluruh dunia untuk memungkinkan Ekonomi tumbuh kembali ke keadaan semula, dengan fokus besar di Asia dan Afrika.

    Saya senang untuk memberitahu Anda bahwa dari sepuluh perusahaan yang dipilih untuk memberikan pinjaman ini, ELINA JOHNSON GLOBAL LOAN FIRM kami sendiri telah dipilih sebagai salah satu perusahaan pinjaman yang dapat diandalkan untuk memberikan pinjaman ini.
    Jika bisnis Anda terpengaruh karena pandemi ( covid19) preferensi khusus akan diberikan kepada Anda.

    Jadi buruan sekarang, hubungi ibu Elina Johnson sekarang juga, dibawah ini emailnya....elinajohnson22@gmail.com.
    Anda dapat menghubungi saya di sini di email saya juga untuk pertanyaan dan klarifikasi lebih lanjut. (nurliananovi96@gmail.com)

    ReplyDelete
Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)

The Magazine