Bupati Gunungkidul Masuk Kelas Pertama Kali sebagai Mahasiswa UGK

Kontributor: Rudi Purwanto (pramusaji Girisubo)


WONOSARI
| Sabtu (17/04), kampus Universitas Gunungkidul atau yang lebih dikenal akrab dengan sebutan kampus UGK, kedatangan mahasiswa yang istimewa. Sekitar pukul 13.00 WIB di kampus UGK yang beralamatkan di Padukuhan Selang II, Selang, Wonosari, Gunungkidul, terlihat sosok H Sunaryanta, sang Bupati Gunungkidul, yang sedang berada di kampus UGK tersebut. Tetapi, beliau hadir bukan dalam kapasitasnya sebagai bupati, melainkan sebagai mahasiswa. Tentu menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi mahasiswa lain yang dapat belajar satu kelas dengan beliau di fakultas ilmu pemerintahan, prodi Ilmu Administrasi Negara, salah satunya adalah Rudi Purwanto, pramusaji Balai Penyuluhan KB Kapanewon Girisubo.

Seperti diketahui, pada saat itu UGK mengadakan pembelajaran tatap muka yang diikuti oleh mahasiswa yang menempuh kelas non reguler. Pembelajaran tersebut dimulai pukul 13.00 WIB sd 15.00 WIB. Dalam menempuh pendidikannya di Universitas Gunungkidul (UGK), Sunaryanta selaku Bupati Gunungkidul menempuh prodi Ilmu Adminitrasi Negara (S1) tahun ajaran 2021/2022. Gelar yang akan diperoleh kelak adalah SIP (Sarjana Ilmu Pemerintahan).

Dengan mendaftarkan diri sebagai mahasiswa di Kampus UGK, sebagai putra daerah, Sunaryanta ingin memberikan contoh kepada masyarakat untuk lebih memilih produk lokal, termasuk pilihan pendidikan.

“Sebagai masyarakat asli Gunungkidul, saya ingin menempuh pendidikan di Kampus UGK ini. Selain tujuan utama saya menempuh pendidikan, saya juga ingin mengangkat potensi yang ada di bumi handayani ini. Saya berharap UGK bisa bersaing dengan kampus-kampus yang lainnya," ungkap Sunaryanta.

Pada kesempatan itu, sebelum pembelajaran di kelas ilmu adminitrasi negera dimulai, Dr Saryana, SIP, MSi, selaku Rektor UGK memberikan sambutan dan menyampaikan ucapan selamat datang kepada Bupati Gunungkidul berserta mahasiswa yang lainnya di kampus UGK ini. 

“Saya ucapkan selamat datang di kampus UGK kepada Bapak Bupati Gunungkidul berserta mahasiswa yang lainnya. Tentunya kelas ini terkesan sangat spesial, karena kelas ini nantinya akan menjadi kelas Bapak Bupati Gunungkidul. Harapanya kita semua dapat berkerjasama dan bersinergi bersama untuk mewujudkan UGK yang mampu berdaya saing dengan universitas lainnya," kata Saryana yang juga merupakan Lurah Jerukwudel, Kapanewon Girisubo.

Dikatakan oleh Saryana, UGK adalah universitas swasta yang telah terakreditasi  dan memiliki 3 fakultas dan 5 program studi pilihan, meliputi prodi Ilmu Adminitrasi Negara dengan akreditasi B, prodi Ekonomi Pembangunan dengan akreditasi B, prodi Agroteknologi dengan akreditasi B, prodi Ilmu Sosiatri dengan akreditasi C, serta prodi Teknik Sipil dengan akreditasi B.

Pembelajaran perdana di kelas Ilmu Administrasi Negara UGK diawali dengan penyampaian materi oleh Pamuji Raharjo, SSos, MPA, dosen UGK dalam mata kuliah, "Pengantar Ilmu Adminitrasi Publik". Pemberlajaran diikuti oleh sekitar 20 orang dengan tetap menaati protokol kesehatan.[^]

0 Viewers

Post a Comment

0 Comments

The Magazine