Kampanye Peduli Lingkungan pada Anggota BKL Bhaktiku Padem, Girikarto

Kontributor: Supriana, SSos & Susilastuti (PKB dan pramusaji Kapanewon Panggang)

PANGGANG | Dalam  rangka peningkatan kualitas SDM pada anggota BKL, Rabu (23/12), pukul 13.00 -15.30 WIB telah dilaksanakan kegiatan kelompok BKL Bhaktiku di Balai Padukuhan Padem, Girikarto, Kapanewon Panggang.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Koordinator PKB Kapanewon Panggang, Supriana, SSos, yang juga selaku pembina wilayah, Ketua PKK Padukuhan Padem, Suwarni, Pengurus BKL, dan 30 anggota BKL Bhaktiku.


Suwarni, selaku Ketua PKK dan Ketua Kelompok BKL Bhaktiku, merasa bangga dengan Anggota BKL Bhaktiku yang dengan penuh semangat dalam mengikuti berbagai kegiatan di kelompok ini.

Lansia tangguh adalah lansia yang berdaya, demikian yang disampaikan Pak Pri, sapaan akrabnya dalam sambutannya. Bahwa lansia, kata Pak Pri, membutuhkan berbagai fasilitas atau kemudahan dalam beraktivitas. Kemudahan tersebut memiliki arti ketersediaan setiap waktu dan keterjangkauan karena murah dan mudah didapat oleh lansia. 

Lanjut usia, ujar Pak Pri, bukan suatu penyakit, tetapi merupakan tahap lanjutan dari kehidupan manusia yang bersifat alamiah. Diperlukan upaya perlindungan dan pemenuhan kebutuhan dasar lansia, baik oleh keluarga, masyarakat, maupun lembaga sosial dan pemerintah. Perhatian dan perlakuan khusus harus didasarkan pada masalah yang dimiliki lansia, sehingga akan mengurangi ketergantungan kepada orang lain dan menjadi lansia tangguh. Perlu pemahaman mengenai kondisi lingkungan kondusif yang berada di sekitar lansia.

Lansia dengan didampingi Kader BKL dapat memberikan kontribusi untuk mewujudkan desa, dan komunitas ramah lansia dengan menerapkan 8 fungsi keluarga. Adapun 8 fungsi keluarga itu meliputi:

1) Fungsi lingkungan
2) Fungsi ekonomi
3) Fungsi sosial budaya
4) Fungsi cinta kasih
5) Fungsi agama
6) Fungsi reproduksi
7) Fungsi pendidikan
8) Fungsi perlindungan

Untuk mendukung kegiatan tersebut, dalam kesempatan itu dibagikan polly bag kepada setiap anggota BKL di kelompok tersebut. Kegiatan pembagian polly bag ini punya maksud agar lansia bersemangat untuk menanam bibit tanaman yang bermanfaat, contohnya cabe, terong, tomat, dan lain-lain.

Dengan begitu, kelak para lansia dapat memanfaatkan hasil tanaman tersebut untuk keperluan sehari-hari dengan mudah. Dengan demikian, suatu saat nanti akan terbentuk lansia yang berdaya di BKL Bhaktiku, Padukuhan Padem, Kalurahan Girikarto.(*)

0 Viewers

Post a comment

0 Comments

The Magazine