Kegiatan Perdana di Kampung KB Rintisan Pringombo B, Pringombo, Rongkop

Kontributor: Agus Sutoko, SSos (Rongkop)


RONGKOP | Senin (2/11) adalah awal dari kegiatan di Kampung KB Dusun Pringombo B, Kalurahan Pringombo, Kapanewon Rongkop, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta guna ikut mensukseskan program Banggakencana. Hari itu diadakan pembinaan kader dan pengurus kampung KB oleh PKB pembina wilayah, Agus Sutoko, SSos yang sekaligus merangkap sebagai koordinator PKB Kapanewon Rongkop dibantu oleh salah satu PKB di wilayah Rongkop, Kukuh Budi Prasetyo, SPSi. Kampung KB ini baru saja dibentuk pada tanggal 26 Oktober 2020 dengan menggunakan dana desa dari hasil musrenbangkal tahun 2019 yang lalu.

Dari Kalurahan telah menentukan dusun Pringombo B sebagai lokasi kegiatan kampung KB  karena masyarakat di sini tingkat ber-KB-nya masih rendah dibanding dengan dusun yang lain, tetapi tingkat gotongroyongnya sangat baik. Mereka ingin sekali dusunnya setingkat lebih maju serta lebih baik dibandingkan dengan dusun-dudun yang lainnya. Masyarakat sebagian besar bermata pencaharian sebagai petani, tetapi juga ada yang bekerja sebagai tukang kayu. 

Dibawah bimbingan Lurah Pringombo, Ermina Kristiani Susanti, mereka ingin mengubah masyarakat dengan membentuk Kampung KB tersebut. Dari Pemerintah Kalurahan sangat mendukung pembentukan Kampung KB tersebut, terbukti mereka mau memberikan dukungan lewat dana desa yang dikelolanya secara baik.

Di lokasi kampung KB ini telah dibentuk kelompok BKB,  BKL, UPPKS dan telah melakukan kegiatan secara rutin. Kader-kadernya masih muda dan cukup semangat dan giat melaksanakan tugas walaupun bekerja secara sukarela demi kemajuan dusunnya. Tidak kalah semangat juga kepala dukuhnya, beliau sangat antusias untuk memajukan masyarakat di dusunnya lewat kegiatan kampung KB ini.

Mereka telah mengajukan beberapa program kegiatan yang bisa memajukan masyarakat dusunnya dan kedepan mereka mengharapkan agar terbentuk pengurus RDKIK (Rumah Data Kependudukan dan Informasi Keluarga) untuk mencatat semua data yang ada sehingga nantinya menjadi pusat data. Kegiatan pembinaan ini dipandu oleh Kamituwa Kalurahan Pringombo, Suprabono, yang membidangi ketugasannya dan sekaligus menganggarkan semua biaya yang dibutuhkan untuk mendukung kegiatan kampung KB ini. 

Kegiatan pembinaan diakhiri dengan sambutan oleh Kepala Dukuh Pringombo B, Supatmo, dalam sambutannya mereka mengharapkan di dusunnya bisa menyuguhkan berbagai kegiatan dan kegiatan tersebut harus berbeda dengan daerah lain. Artinya masyarakat dilarang untuk meniru kegiatan yg telah dilakukan oleh kampung KB yang lain. Mereka diharapkan secara kreatif untuk bisa menciptakan inovasi baru tidak hanya mencontoh dengan kegiatan yang telah ada. Berbagai macam kegiatan inofasi telah ditawarkan kepada para pengurus kampung KB untuk membawa kemajuan buat masyarakat dusun Pringombo B. Acara ditutup oleh  Kepala Dukuh dengan berdoa bersama-sama, semangat buat masyarakat padukuhan Pringombo B.(*)

0 Viewers

Post a comment

0 Comments

The Magazine