TERBARU! KB MOW/Vasektomi Sekarang Bisa di RS Nur Rohmah, Begini Prosedur Pelayanannya

Koresponden: Drs Edy Pranoto, PKB Playen

Playen | Kecamatan Playen memiliki posisi yang strategis karena sebagai jalan lintas dari ibukota Kabupaten Gunungkidul menuju kota Yogyakarta. Kecamatan Playen juga memiliki banyak fasilitas kesehatan yang bisa diakses dengan mudah oleh masyarakat Playen dan sekitarnya. Ada dua Puskesmas, dua klinik KB swasta, satu rumah sakit swasta, serta tak kurang dari delapan Puskesmas pembantu.

Salah satu klinik KB swasta yaitu RS Nur Rohmah yang berada di jalan Wonosari-Jogja Km 7, tepatnya di sebelah timur pertigaan Gading, Dusun Jambu Rejo, Desa Bandung, Kecamatan Playen.

Rumah sakit ini siap memberikan pelayanan bagi masyarakat Gununukidul dengan mendahulukan patient safety dan customer-focused tanpa membedakan latar belakang kemampuan ekonomi, sosial, agama, dll.

Setidaknya ada enam layanan kesehatan yang siap diberikan pada masyarakat, yaitu layanan kesehatan di poli saraf, poli penyakit dalam, poli anak, rehabilitasi medik, hemodialisa, dan poli kandungan.

Pelayanan bagi pasangan usia subur yang hendak ber-KB masuk di pelayanan kandungan.

Di poli kandungan, RS  Nur Rohmah telah memiliki tenaga perawat dan bidan terlatih serta dokter spesialis kandungan dan kebidanan untuk membantu para wanita konsultasi dan menadapat layanan seputar kesehatan reproduksi dan Keluarga Berencana.

Pelayanan MOW atau Tubektomi
Pada awalnya pelayanan Keluarga Berencana hanya diberikan pada PUS pasca persalinan dengan pilihan kontrasepsi IUD serta MOW atau tubektomi. Seiring dengan dinamika, penyuluh KB Kecamatan Playen di tahun 2017 berhasil masuk bermitra dan memberikan advokasi yang mendorong pelayanan Keluarga Berencana berkembang menuju pelayanan umum yang semula sebagai pelayanan KB Pasca persalinan.

Saat ini Rumah Sakit Nur Rohmah telah siap memberikan layanan Keluarga Berencana dengan berbagai macam metode kontrasepsi, dari layanan kondom, pil, suntik, implant, IUD serta tubektomi atau MOW.

Khusus pelayanan KB MOW tentu saja harus memenuhi persyaratan umum yang berlaku, yaitu:

1. Minimal telah mempunyai dua anak
2. Usia anak terakhir sudah bukan balita lagi
3. Ada persetujuan antara suami dan istri dengan tanpa paksaan
4. Kesiapan mental khususnya dari pasangan suami istri, mengingat MOW sebagai KB yang permanen
5. Memenuhi persyaratan pemeriksaan kesehatan secara umum (misalnya, tekanan darah normal).

Sebagai tambahan informasi, bagi yang menghendaki pelayanan tubektomi atau MOW di rumah sakit Nurrohmah ada tambahan  syarat, yakni bagi calon peserta MOW yang memiliki kartu jaminan kesehatan atau BPJS harus ada rujukan dari Puskesmas wilayah setempat, fotocopy kartu keluarga, serta fotocopy KTP.

Sedangkan yang tidak menjadi peserta BPJS cukup menyiapkan  fotocopy KTP dan kartu keluarga (KK) saja.

Adapun prosedurnya untuk mendapatkan layanan MOW cukup mudah. Calon peserta cukup mendaftarkan diri di tempat pendaftaran dengan menyebutkan poli kandungan sebagai tujuan. Selanjutnya calon peserta KB menuju ke poli kandungan (obgyn) untuk mendapatkan konseling KB MOW serta pemeriksaa awal. Dari poli kandungan selanjutnya calon peserta MOW akan mendapatkan tindakan yang dimaksud.

Sebagai catatan juga, semua pasien MOW diwajibkan mendapat layanan rawat inap minimal satu malam. Bagi peserta non BPJS dikenakan biaya sekitar Rp 8.000.000,00 (delapan juta rupiah). Hari buka pendaftaran layanan MOW pada Senin, Kamis dan Jumat pukul 13.00 – 14.30 WIB. Pasien MOW akan ditangani langsung oleh tenaga ahli medis terlatih, yaitu dr Anita Rohmah SpOG.(*)
0 Viewers

Post a comment

1 Comments

  1. Mari segera bergabung dengan kami.....
    menyediakan 9 permainan dalam 1 aplikasi
    di https://ajopk.net^^online 24 jam.
    segera di add W.A +85596 91 90856
    WwW.Ajopk.net| bonus rollingan 0,3% | bonus referral 20% | minimal deposit 15000

    ReplyDelete
Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)

The Magazine