Penyuluh KB Ajak Kader Wujudkan Rumah Data Kependudukan


Pada Senin (26/8), Penyuluh KB Kecamatan Playen melakukan pembinaan poktan Bina Keluarga Lansia (BKL) di Kampung KB Wonolagi. Pembinaan tersebut bertempat di rumah Dukuh Wonolagi, dihadiri oleh kader BKL serta beberapa anggota BKL, baik keluarga yang memiliki anggota lansia maupun lansia itu sendiri. Kegiatan pembinaan diawali dengan penyampaian materi oleh Kader BKL, Esti Mikasari. Kader BKL tersebut menyampaikan tentang Lansia tangguh dari dimensi spiritual. Dalam penyampaiannya, pemateri menjelaskan beberapa kegiatan yang semestinya dilakukan oleh lansia untuk menjadi lansia yang tangguh.



Selain materi tentang dimensi spiritual untuk menjadi lansia tangguh, juga disampaikan penjelasan oleh Mugimin selaku Penyuluh KB wilayah Desa Ngleri, mengenai beberapa dimensi lansia tangguh yang lainnya, seperti dimensi fisik, sosial, vokasional, emosional, lingkungan, dan juga dimensi intelektual. Dalam penyampaiannya, Mugimin juga menyelipkan pesan mengenai berbagai cara dan sikap yang semestinya anggota keluarga lain lakukan dalam merawat dan memperlakukan lansia yang ada di dalam keluarganya.

Sebagai bentuk dukungan pemenuhan kebutuhan lansia untuk menjadi lansia tangguh, kegiatan ini dilanjutkan dengan pemberian materi gerakan senam anti stroke yang disampaikan oleh Uminingsih, Mahasiswa PLP dari Universitas Negeri Yogyakarta. Umi menjelaskan akan pentingnya pemenuhan nutrisi dan olahraga bagi lansia. Dijelaskan bahwa olahraga yang cocok untuk lansia salah satunya ialah senam, yang kebetulan sekali di dusun tersebut belum dilaksanakan senam bagi lansia. Umi menyampaikan beberapa gerakan yang dilakukan dalam senam anti stroke tersebut. Dengan sangat antusias, peserta menirukan gerakan yang telah dicontohkan. Setelah selesai penyampian materi dilanjutkan dengan tanya jawab tentang materi yang telah disampaikan.

Seluruh rangkaian acara pembinaan telah selesai, kemudian seluruh peserta makan siang bersama. Selesai makan seluruh peserta masih berada di lokasi pembinaan. Kesempatan ini dimanfaatkan oleh Penyuluh KB Mugimin untuk menyampaikan bahwa untuk menyajikan data tentang Kampung KB Wonolagi, Penyuluh KB telah merintis berdirinya Rumah Data Kependudukan. Sebagai langkah awal, Penyuluh KB telah mengusahakan beberapa papan data dinding berisi tentang kepengurusan Pokja Kampung KB, kepengurusan kelompok bina-bina, serta peta wilayah Dusun Wonolagi. Rumah Data Kependudukan Kampung KB Wonolagi akan ditempatkan di salah satu ruangan di SDN Wonolagi. Sebelumnya Penyuluh KB telah berkoordinasi dengan Kepala SDN Wonolagi untuk meminjam tempat tersebut. Saat ini ruangan yang dimaksud sudah siap, setelah sebelumnya dilakukan beberapa perbaikan.

Untuk itu Mugimin mengajak kepada para kader untuk ikut memindahkan sarana-prasarana Kampung KB Wonolagi, terutama data dinding yang selama ini ditempatkan di rumah Dukuh Wonolagi ke Rumah Data Kampung KB di SDN Wonolagi. Mugimin juga menyampaikan bahwa warga Dusun Wonolagi saat ini sedang mulai mewujudkan sebuah dalai dusun. Ke depan apabila balai dusun sudah selesai dibangun, maka Rumah Data Kependudukan bisa saja dipindah ke balai dusun tersebut. Untuk melengkapi data dan administrasi Kampung KB Wonolagi, Penyuluh KB akan bekerjasama dengan Pengurus PIK R Dusun Wonolagi, sehingga diharapkan data yang ada di Rumah Data Kependudukan menjadi lengkap. Mugimin juga minta dukungan para kader untuk membantu mewujudkan Rumah Data Kependudukan Kampung KB Wonolagi.

Pertemuan selesai, peserta saling bersalaman untuk pamit pulang. Beberapa peserta kemudian mengambil data dinding Kampung KB yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Mereka berjalan sambil menenteng data dinding untuk dibawa ke Rumah Data Kependudukan di SDN Wonolagi yang berjarak sekitar 300 meter dari rumah Dukuh Wonolagi. Iring-iringan beberapa orang berjalan, sebagian sambil membawa papan data bagaikan rumah data yang berjalan. Setelah sampai lokasi, kemudian Penyuluh KB memasang data dinding tersebut di ruangan yang telah dipersiapkan sebagai Rumah Data Kependudukan Kampung KB Wonolagi.(*) [Slamet, PKB & Kontributor Playen]

0 Viewers

Post a comment

0 Comments

The Magazine