Penyuluh KB Perkenalkan Majalah Cahaya Keluarga kepada Kader


Acara Rapat Koordinasi Program KB dan Kesehatan Desa Bleberan, Selasa (25/6) menjadi acara yang ditunggu-tunggu oleh kader KB dan kader yandu Desa Bleberan. Momentum tersebut akan menjadi ajang silaturahmi para kader untuk saling berhalal bil halal, karena pertemuan tersebut merupakan pertemuan pertama para kader se-Desa Bleberan pada lebaran Idul Fitri tahun ini. Disamping karena hal tersebut, sebelumnya sudah dinformasikan melalui WA Group Kader Desa Bleberan bahwa pada hari tersebut akan diberikan insentif untuk para kader. Pembagian insentif kader akan dilakukan setelah pelaksanaan Rakor Desa.


Sebagaimana biasanya, Rakor Desa diawali dengan doa pembukaan serta menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Keluarga Berencana, kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Pengurus Forum IMP tingkat desa dan sambutan dari Pemerintah Desa. Surati, dalam sambutan mewakili Pengurus Forum IMP tingkat desa menyampaikan ikrar halal bil halal ditujukan kepada Perangkat Desa dan Penyuluh KB. Dari Pemerintah Desa sambutan disampaikan oleh Kasi Pelayanan, Nur Arifin. Mengawali sambutannya, Nur Arifin memberikan tanggapan atas ikrar halal bil halal dari para kader. Sebagai bentuk penghargaan kepada kader, Nur Arifin menuturkan bahwa hari ini Pemerintah Desa Bleberan akan memberikan insentif bagi kader KB dan kader yandu untuk triwulan II tahun 2019. Nilai insentif yang diberikan sudah maksimal sesuai SHBJ Kabupaten Gunungkidul tahun 2019. Dengan diterimanya insentif tersebut diharapkan dapat meningkatkan peransertanya dalam membangun Desa Bleberan, terutama di bidang KB dan kesehatan. Salah satu tugas kader yang perlu ditindaklanjuti saat ini adalah membantu upaya pemrintah untuk mencegah stunting. Oleh karena itu sesuai permintaan dari Kecamatan para kader dimohon untuk mendata ibu hamil dan anak usia 0-2 tahun di wilayah masing-masing dengan mengisi blangko yang tersedia.

Sesi berikutnya adalah penyampain materi dari Penyuluh KB wilayah kerja Desa Bleberan. Pada sesi ini, Penyuluh KB terlebih dahulu juga menyampaikan ucapan Selamat Idul Fitri serta permohonan maaf atas segala kekhilafan baik secara pribadi maupun ketugasan. Sebagai bagian penting dalam Rakor Desa, kemudian disampaikan tentang pencapaian peserta KB baru untuk Desa Bleberan selama 5 bulan. Sampai dengan bulan Mei 2019 tercatat ada 22 peserta KB baru dengan perincian 4 IUD, 4 implant, 1 pil, dan 13 suntik. Dibandingkan dengan target yang harus dicapai selama tahun 2019 sebanyak 82 peserta KB baru, maka pencapiannya adalah 27 persen. Pencapaian tersebut masih tergolong kurang, namun apabila dilihat terjadi peningkatan dari bulan ke bulan, sehingga diharapkan pada bulan-bulan mendatang jumlah peserta KB baru juga akan meningkat. Oleh karena itu sesuai dengan arti bulan syawal yaitu peningkatan, maka diharapkan para kader dapat meningkatkan hal-hal yang positif termasuk meningkatkan upaya untuk mendapatkan peserta KB baru yaitu melalui kunjungan rumah dan penyuluhan-penyuluhan.

Berupaya mendapatkan peserta KB baru adalah tugas utama seorang kader KB, disamping menjaga kelestarian peserta KB aktif. Untuk mendukung tugas tersebut diperlukan data yang valid. Oleh karena itu, Penyuluh KB mengingatkan kembali kepada kader, khususnya Kelompok KB untuk selalu meng-update data PUS yang ada di R/I/PUS. Formulir tersebut harus diisi perkembangannya setiap bulan. Apalagi saat ini bertepatan dengan bulan Juni-Juli dan kebetulan  dalam hitungan Jawa bertepatan dengan bulan Syawal, Dulkaidah, dan Besar, dimana banyak warga yang melangsungkan pernikahan. Pasangan pengantin baru yang ada di wilayah kita harus kita masukkan ke dalam data PUS.

Sasaran utama untuk mendapatkan peserta KB baru adalah Unmet Need. Unmet Need didefinisikan sebagai kondisi yang mengisyaratkan keinginan PUS terhadap suatu jenis alat kontrasepsi yang tidak tersedia sehingga mereka mengambil keputusan tidak menggunakan alat kontrasepsi. Dengan kata lain unmet need adalah PUS yang seharusnya ber-KB namun belum mendapatkan pelayanan KB. Ada beberapa sebab terjadinya unmet need, antara lain: merasa aman menggunakan metode alami, merasa aman karena sudah jarang melakukan hubungan suami-isteri, tidak puas dengan alat kontrasepsi dari pemerintah, takut pada efek samping kontrasepsi, dan tidak terjangkau pelayanan KB. PUS unmet need terdiri atas 2 kategori yaitu ingin anak dituanda (IAT) dan tidak ingin anak lagi (TIAL). Dengan demikian mereka sangat perlu mendapatkan pelayanan KB karena cara yang tepat untuk menunda atau mencegah kehamilan adalah dengan menggunakan alat atau metode kontrasepsi modern.

Pada akhir paparannya, Penyuluh KB memperkenalkan keberadaan majalah yang bertema tentang Program KKBPK yang diterbitkan oleh dinas yang mengelola Program KKBPK di Kabupaten Gunungkidul. Bahwa mulai tahun 2018, Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Gunungkidul kembali menerbitkan majalah Cahaya Keluarga. Majalah tersebut menjadi media KIE kepada lintas sektor dan masyarakat di Kabupaten Gunungkidul. Saat ini majalah tersebut dibagikan kepada dinas instansi terkait di tingkat kecamatan serta pemerintah desa dan PPKBD.

Dengan membaca majalah tersebut akan menambah pengetahuan dan wawasan kita tentang Program KKBPK karena di dalamnya terdapat berbagai informasi tentang KB dan laporan-laporan kegiatan Program KKBPK. Supaya kegiatan Program KB di Desa Bleberan dapat ditampilkan pada rubrik “Beranda” majalah Cahaya Keluarga, maka diharapkan para kader, terutama Pengurus Forum IMP Desa agar kreatif mengemas suatu kegiatan menjadi lebih menarik. Sebagai contoh yang kita dilakukan pada awal tahun lalu yaitu memadukan kegiatan Rakor Desa dengan kegiatan senam bersama. Kreavitas lain yang mungkin dapat dilakukan, misalnya mengadakan kegiatan lomba, kegiatan out bond, pelatihan atau penyuluhan dengan menghadirkan narasumber yang berkompeten. “Kalau kegiatan pertemuan rutin yang biasa dilakukan tidak perlu dilaporkan untuk dimuat di majalah, karena kegiatan semacam itu juga dilakukan di desa-desa yang lain”, tutur Penyuluh KB.
Pada Rakor Desa yang dilaksanakan pada pertengahan tahun tersebut, para kader kembali memperoleh suntikan semangat dari sesepuh kader. Pengurus Forum IMP Desa kembali mendaulat Mbah Ris Sagiyem untuk memberikan wejangan. Beliau mempertegas yang telah disampaikan Penyuluh KB tentang peran kader dalam masyarakat. Beliau menyampaikan bahwa para kader merasa senang bisa mengikuti pertemuan-pertemuan dengan mengenakan seragam. Sehingga hendaknya apa yang diperoleh dari pertemuan tersebut ditindaklanjuti di masyarakat. Kader harus menjadi contoh di lingkungannya. Kader harus menjadi contoh dalam kesertaan ber-KB dan penerapan PHBS.

Setelah acara Rakor Desa ditutup, dilanjutkan dengan pembagian insentif kader untuk triwulan II tahun 2019 serta PMT balita dan PMT lansia. Sebanyak 140 orang kader KB dan kader yandu menerima insentif untuk bulan April, Mei, dan Juni dengan besaran 25.000 rupiah per bulan. Sedangkan untuk PMT balita dan PMT lansia diberikan sesuai dengan jumlah balita dan lansia di masing-masing dusun.(*) [Slamet, PKB Kecamatan Playen].

0 Viewers

Post a comment

3 Comments

  1. Promo www.Fanspoker.com :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    ReplyDelete
  2. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    ReplyDelete
  3. Saya Suryanto dari Indonesia di Kota Palu, saya mencurahkan waktu saya di sini karena janji yang saya berikan kepada LADY ESTHER PATRICK yang kebetulan adalah Tuhan yang mengirim pemberi pinjaman online dan saya berdoa kepada TUHAN untuk dapat melihat posisi saya hari ini.

    Beberapa bulan yang lalu saya melihat komentar yang diposting oleh seorang wanita bernama Nurul Yudianto dan bagaimana dia telah scammed meminta pinjaman online, menurut dia sebelum ALLAH mengarahkannya ke tangan Mrs. ESTHER PATRICK. (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Saya memutuskan untuk menghubungi NURUL YUDIANTO untuk memastikan apakah itu benar dan untuk membimbing saya tentang cara mendapatkan pinjaman dari LADY ESTHER PATRICK, dia mengatakan kepada saya untuk menghubungi Lady. Saya bersikeras bahwa dia harus memberi tahu saya proses dan kriteria yang dia katakan sangat mudah. dari Mrs. ESTHER, yang perlu saya lakukan adalah menghubunginya, mengisi formulir untuk mengirim pengembalian, mengirim saya scan kartu identitas saya, kemudian mendaftar dengan perusahaan setelah itu saya akan mendapatkan pinjaman saya. . Lalu saya bertanya kepadanya bagaimana Anda mendapatkan pinjaman Anda? Dia menjawab bahwa hanya itu yang dia lakukan, yang sangat mengejutkan.

     Saya menghubungi Mrs ESTHER PATRICK dan saya mengikuti instruksi dengan hati-hati untuk saya, saya memenuhi persyaratan mereka dan pinjaman saya disetujui dengan sukses tetapi sebelum pinjaman dipindahkan ke akun saya, saya diminta membuat janji untuk membagikan kabar baik tentang Mrs. ESTHER PATRICK dan itulah mengapa Anda melihat posting ini hari ini untuk kejutan terbesar saya, saya menerima peringatan Rp350.000.000. jadi saya menyarankan semua orang yang mencari sumber tepercaya untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. ESTHER PATRICK melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) untuk mendapatkan pinjaman yang dijamin, Anda juga dapat menghubungi saya di Email saya: (suryantosuryanto524@gmail.com)

    ReplyDelete
Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)

The Magazine