Studi Banding Kader IMP Tegalrejo Yogyakarta ke Kampung KB Kayubimo Tanjungsari


Hari Selasa (29/1), Kampung KB Sempulur Padukuhan Kayubimo, menerima kunjungan dari Forum IMP kecamatan Tegalrejo Yogyakarta, yang maksud tujuannya akan melihat kegiatan Kampung KB khususnya dalam pengelolaan kelompok kegiatan Tribina (BKB, BKR, dan BKL), serta pembuatan Rumah Data Kependudukan.

Tepat jam 10.30 WIB, tamu sudah sampai di Padukuhan Kayubimo, yang digunakan sebagai lokasi penyambutan tami dari Forum IMP kecamatan Tegalrejo, yang dipimpin oleh Triyana SE (PKB Kecamatan Tegalrejo) bertindak sebagai pimpinan rombongan.

Tepat jam 11.00 WIB acara pun dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan tentunya Mars Keluarga Berencana. H Sutono Kepala Desa Kemadang, dalam sambutan selamat datang menyampaikan bahwa Desa Kemadang merupakan desa yang berprestasi. Banyak prestasi yang telah diraih, salah satunya pada tahun 2018 berhasil meraih sebagai juara I Lomba Desa tingkat Propinsi daerah Istimewa Yogyakarta, dan juara I tingkat Nasional. Beliau juga menyampaikan bahwa juga sebagai kepala desa telah berhasil menjadi Motivator KB Pria Teladan tingkat Nasional. Prestasi yang sangat membanggakan, beliau menambahkan.

Triyana SE yang bertindak sebagai pimpinan rombongan, dalam sambutannya menyampaikan maksud dan tujuan kedatangannya ke Kampung KB Sempulur Padukuhan Kayubimo, yang tidak lain guna menimba ilmu, ngangsu kawruh, tentang pengelolaan Kampung KB, dan kegiatan Tribina, serta pembuatan Rumah Data Kependudukan. Beliau juga mengajak untuk saling berbagi pengalaman, yang baik di Kayubimo akan diterapkan ke kecamatan Tegalrejo, demikian pula yang baik di kecamatan Tegalrejo siap untuk menularkannya ke kampung KB Kayubimo.

Tibalah presentasi dari Ketua Kampung KB Sempulur Padukuhan Kayubimo. Susmianto yang didaulat menjadi ketua kampung KB Sempulur, menyampaikan dengan detail kegiatan kegiatan yang telah dilaksanakan Kampung KB. Cukup membanggakan, hampir semua lintas sektor mempunyai peran mengadakan kegiatan di Kampung KB, antara lain dari Puskesmas, Pertanian, Peternakan, KUA, Polsek semua mempunyai peran, dengan meluncurkan kegiatannya di Kampung KB Sempulur, yang tujuan akhirnya tidak lain meningkatkan kesejahteraan keluarga.

Acara seremonial pun selesai, yang dilanjutkan dengan kunjungan lapangan. Dimulai dengan melihat administrasi Kelompok Tani Dadi Subur, yang bertempat di sekretariat KT Dadi Subur (rumah Bapak Rugono), yang dilanjutkan melihat Rumah Data Kependudukan Kampung KB Sempulur. Perjalanan dilanjutkan dengan melihat kebun sayuran, tanaman obat-obatan. Setelah kunjungan lapangan selesai, tamu dari kecamatan Tegalrejo juga berkenan melihat administrasi Poktan Tribina yang sudah dipersiapkan di Balai Padukuhan Kayubimo.

Tepat jam 13.00 WIB kunjungan lapangan dinggap sudah cukup, dan acara pun dimulai kembali dengan penyampaian kesan dan pesan. Ketua Forum IMP Tegalrejo yang saat itu didaulat menyampaikan pesan dan kesan, menyampaikan terimakasih atas sambutannya yang luar biasa, dan beliau juga menyampikan cukup terkesan pada pelaksanaan kegiatan di Kampung KB Sempulur, yang sudah berjalan dengan baik, dan dukungan dari lintas sektorpun juga sangat baik, semoga kondisi ini juga bisa dilaksanakan di kecamatan Tegalrejo.

Sutino, kepala dusun Padukuhan Kayubimo dalam sambutan pelepasannya, mengungkapkan mohon maaf apabila dalam penyambutannya kurang memuaskan. Dengan penuh semangat Sutino mengungkapkan dengan penuh semangat, bahwa Kampung KB Sempulur pasti dapat meningkatkan kesejahteraan kelaurga apabila dilaksanakan dengan sungguh-sungguh.

Tepat jam 13.30 WIB acara berakhir, yang ditutup dengan foto bersama sebagai kenangan. Pesan yang dapat disampikan melalui kegiatan adalan “Kebersamaan adalah Kunci Kesuksesan”.(*) [Sihana Yuliarto, kontributor Tanjungsari]
0 Viewers

Post a comment

0 Comments

The Magazine