Out Bond di Pantai Drini Awali Semangat dan Pengabdian IMP Se-Kecamatan Playen


Bertajuk, “Refresing Forum IMK Kecamatan Playen,” demikianlah yang disematkan pada acara out bond bagi pengurus IMP se-Kecamatan Playen pada Senin 28 Januari 2019 di Pantai Drini Kabupaten Gunungkidul. Acara diikuti oleh empat puluh lima peserta terdiri dari unsur pengurus IMP dan PKB kecamatan.

Dalam sambutan pemberangkatan, Much Setyawan Indriyanto SH, Msi, Camat Playen menyampaikan rasa terimakasihnya pada seluruh kader yang selama ini telah berkiprah memberikan pengabdiannya yang terbaik bagi masyarakat dibidang Kependudukan KB dan Pembangunan Keluarga. Ditambahkan melalui out bond dengan pendampingan dari para penyuluh KB diharapkan mampu menambah semangat ibu-ibu kader didalam berjuang bersama meningkatkan kualitas keluarga di Playen.

Sedangkan Drs Edy Pranoto selaku Koordinator PKB Playen menjelaskan tiga tujuan utama dalam kegiatan out bond ini yaitu:

1. Out bond akan menambah motivasi bagi PKB dan kader IMP di dalam berkiprah membangun keluarga di bidang kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga;

2. Out bond akan meningkatkan rasa kekeluargaan antara penyuluh KB dengan kader IMP. Sebagai keluarga besar akan saling bantu, berbagi dan peduli sehingga kemitraan yang terjadi lebih erat berdasarkan ikatan emosional;
3. Out bond diharapkan mampu menambah rasa cinta kader terhadap Keluarga Berencana. Dengan dasar cinta inilah nantinya tiada lagi perhitungan atas pengorbanan yang diberikan dibidang Kependudukan, KB dan Pembangunan Keluarga.



Sambutan Koordinator PKB diakhiri dengan mengajak semua peserta melantunkan salam Keluarga Berencana dan Salam Revolusi Mental.

Ny Ismini, PPKBD Desa Bandung sekaligus ketua Forum IMP Kecamatan Playen dalam kesempatan ini mengajak pada semua kader IMP untuk terus meningkatkan kegiatan baik di desa, dusun sampai di forum dasa wisma dalam upaya meningkatkan capaian peserta KB baru. Beliau juga mengingatkan perlunya terus menerus menyadarkan pada PUS untuk memakai kontrasepsi sebagai cara untuk mencegah terjadinya kehamilan yang tidak diinginkan pada PUS yang sudah punya anak dua.

Beliau juga mengajak agar kegiatan outbond ini bisa dilaksanakan lagi ditahun mendatang dengan peserta ditambah dari unsur Sub PPKBD dusun sekecamatan Playen. Hal ini merupakan respon dari keinginan Koordinator PKB playen untuk memperluas kesertaan kegiatan luar bagi kader KB.



Acara dilanjutkan dengan kegiatan keakraban dan hiburan  permainan yang dipandu oleh Mugimin, PKB, dibantu oleh Paryanti kader PPKBD Desa Getas dan Erni Muslimah kader PPKBD Desa Dengok.

Pada kesempatan itu juga dibagikan sejumlah dua belas doorprize menarik sebagai cendramata bagi kader yang mampu menjawab pertanyaan seputar program KB yang diajukan oleh masing-masing PKB. Kader dengan usia termuda dan tertua pun mendapatkan jatah doorprize menarik.

Pada akhir sesi pertemuan diakhiri dengan makan bersama kuliner khas Gunungkidul yaitu sambel bawang lalap daun kates, kacang panjang berlaukkan tempe dan ikan dengan nasi putih dicampur nasi thiwul. Semua peserta menikmati makanan dengan lahap apalagi beralaskan piring kertas secara kembulan (bahasa Jawa), membuat jarak emosi antara petugas KB dengan kader IMP terasa tiada lagi.

Sebagai pemenuhan kebutuhan manusia untuk menikmati hidup , maka acara outbond kader IMP-PKB dilanjutkan dengan rekreasi bersama menikmati indahnya Pantai Drini sambil selfie ditepi sepanjang pantai yang indah dan alami.(*) [Kontributor Playen, Drs Edy Pranoto]

0 Viewers

Post a comment

0 Comments

The Magazine