Berkolaborasi dengan BPKB, BPP, dan Puskesmas, PIK-R Delima Hargosari Kampanyekan “Sego Ceting”


PIK-Delima terbentuk di kampung KB Dusun Hargosari, Desa Tegalrejo, Kecamatan Gedangsari tahun 2017 silam. Dalam perjalanannya, PIK-R Delima telah banyak membuat kegiatan yang mendukung program KKBPK maupun program dari kesehatan, salah satu kegiatannya adalah yang baru saja dilaksanakan  pada tanggal 09 Februari 2019 kemarin, dengan berkolaborasi antara PIK-R dengan sektor-sektor lain, yakni: Balai Penyuluh KKBPK, Puskesmas II Gedangsari dan Balai Penyuluh Pertanian (BPP).



Keempat sektor terserbut sepakat membuat satu komitmen bersama dalam rangka mencegah  stunting (tumbuh pendek) dengan membuat slogan SEGO CETING (semangat gotong royong cegah stunting). Kegiatan ini sangat perlu dilaksanakan, ujar Dewi Setyaningsih, SGz (UPT Puskesmas Gedangsari II), karena diwilayah dusun Hargosari, Desa Tegalrejo, Kecamatan Gedangsari, jumlah stuntingnya  cukup tingggi sekitar 32,56%  dibading dusun-dusun yang lain di wilayah kerja Puskesmas II Gedangsari. “Stunting perlu segera ditangani, salah satu bentuk kegiatan tersebut adalah dengan gerakan menanam pohon kelor (kelorisasi). Kenapa kelorisasi, karena di dalam pohon kelor ini sangat banyak mengandung energi, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vit A, B1, C, yang manfaatnya  untuk kesehatan dalam rangka mencegah stunting,” tambah Dewi.

Sementara itu, menurut Drs B Totok Hendrastara, Koordinator Penyuluh KKBPK  Kecamatan Gedangsari, kegiatan kelorisasi di wilayah kampung KB Hargosari  oleh PIK R Delima merupakan salah satu kegiatan life skill bagi para remaja agar tahu bagaimana cara bertani (ilmu pertanian)  yang nantinya juga dapat digunakan untuk  menyiapkan kehidupan berkeluarga.
Perwakilan BPP Kecamatan Gedangsari, Suhendi, menyatakan bahwa kegiatan kelorisasi akan menjadi kegiatan di wilayah kecamatan Gedangsari. “Oleh karena itu, BPP akan berusaha semaksimal mungkin memenuhi kebutuhan masyarakat akan pohon kelor ini serta mendampingi  dan kami akan memberikan secara gratis,” kata Suhendi.

“Harapan kami, kegiatan  yang dijalin  dari berbagai lintas sektor yang ada ini akan  mempercepat kesejahteraan  masyarakat. Apalagi Hargosari sebagai pilot project Puskesmas II di bidang kesehatan dan sebagai salah satu Kampung KB di Kecamatan Gedangsari,” demikian dikatakan Tukimin, Dukuh Hargosari.(*) [Totok Hendrastara, Koordinator PKB Gedangsari]

0 Viewers

Post a comment

0 Comments

The Magazine